Nasi Ayam Hainam Rice Cooker



Ini adalah salah satu resep favorit keluarga saya, anak saya pun yang masih berusia 17 bulan juga sangat menyukainya. Resep ini cocok dibuat kalau kita tidak punya cukup banyak waktu untuk memasak, karena sangat simpel dengan menggunakan rice cooker. Dalam resep ini saya tambahkan sup dan sambal bawang sebagai pelengkap. Ayam yang sudah diproses bersama dengan nasi di dalam rice cooker, setelah matang saya campurkan ke dalam sup supaya lebih segar. 

Berikut resepnya.


Bahan :

500 gram Beras, cuci bersih
250 gram So Good Ayam Potong
4 gelas belimbing Air Putih
2 sdm Mentega/Minyak untuk menumis
5 cm Jahe, iris tipis
6 siung Bawang Putih, cincang halus
2 siung Bawang Merah, iris tipis
½ buah Bawang Bombay, iris tipis
1 batang Serai, geprek
3 lembar Daun Salam
1 lembar Daun Pandan
3 sdm Minyak Wijen
3 sdm Kaldu Ayam Bubuk Non MSG
Gula dan Garam secukupnya
500 ml Air Kaldu Ayam

Cara Membuat:

  • Di dalam panci, rebus ayam dengan menambahkan 3 cm jahe, 2 siung bawang putih geprek dan 2 lembar daun salam hingga keluar air kaldunya. Sisihkan.
  • Tumis bawang putih, bawang bombay, bawang merah, daun salam, jahe dan serai sampai harum. Tambahkan ayam yang sudah direbus. Aduk hingga rata. Lalu campurkan dengan air rebusan kaldu ayam. Masukan daun pandan.
  • Tambahkan kaldu bubuk, gula, garam, dan minyak wijen. Aduk-aduk agar semua bahan tercampur rata.
  •  Disini saya didihkan kembali kurang lebih 15 menit agar kaldu ayam lebih terasa. Kemudian matikan kompor.
  • Siapkan beras yang telah dicuci bersih ke dalam ricecooker tambahkan air kaldu dan ayam  ke ricecooker. Kemudian masak dalam ricecooker tunggu sampai matang. Ukuran airnya sama seperti masak nasi pada ricecooker.
  • Siap dihidangkan dengan sup wortel dan sambal bawang.


Pelengkap :
Sup Wortel dan Sambal Bawang 

Gimana? Simpel kan? Yuk, recook resep ini atau kamu juga bisa mengkreasikan produk So Good Ayam Potong dan So Good Siap masak lainnya. Upload resep masakan kamu di blog dan ikuti Lomba Kreasi Resep Masakan Ramadhan dan Idul Fitri yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network dan So Good. Hadiahnya sangat menarik! Oiya, deadlinenya hanya sampai tanggal 23 Juli 2017 lho! Untuk info lebih jelasnya bisa cek di link http://dapursogood.id/ Yuk, buruan ikutan!

Komentar

Postingan Populer